Live Journal

My Life as Reza Puradiredja

Konflik

leave a comment »

Keberanian seseorang bukan dinilai dari sangarnya wajah, besarnya otot ataupun kerasnya gertakan. Seperti dalam Islam, untuk menjalankan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar seseorang bisa melakukannya dalam hati, dengan ucapan atau dengan kekerasan.

Saya termasuk orang yang percaya bahwa walaupun ajaran Islam adalah keras dan tegas, tapi Islam mengharamkan kekerasan, kecuali tidak ada jalan lain dan saya termasuk orang yang juga percaya bahwa tidak ada jalan lain bukanlah suatu pilihan. Dengan kata lain everything is negotiable adalah filosofi dan prinsip saya.

Dalam kehidupan sehari – hari kadang kita dihadapkan pada pilihan yang berdasarkan Amar Ma’ruf Nahi Mungkaar tadi. Bukanlah suatu keajaiban jika kita dihadapkan pada kondisi dimana kita harus memilih antara jalan yang benar ataupun jalan kompromi. Jalan yang benar bagi kita bisa berarti jalan yang salah bagi orang lain, atau jalan yang tidak disarankan untuk dilalui dengan berbagai alasan.

Saya pribadi cenderung untuk mengambil jalan tengah, jika mungkin atau mundur sama sekali jika antara resiko dan imbalan tidak sesuai. Bisa dibilang saya termasuk orang yang cenderung menghindari konflik, karena konflik terbuka belum tentu mendapatkan solusi, dan saya lebih tertarik untuk mencari solusi daripada mencari pemenang.

Konflik yang didasari tujuan untuk mencari pemenang bisa dipastikan hanya akan meninggalkan sakit hati di kedua belah pihak, namun sebuah konflik yang didasari tujuan untuk mencari solusi dapat meninggalkan kesan positif dan mungkin persahabatan diantara kedua belah pihak.

Seorang jenderal yang bijak tahu, bahwa mundur dari sebuah perang yang tidak dapat dimenangkan adalah lebih baik ketimbang memaksakan ego dan emosi hanya untuk menuai kekalahan. Penarikan mundur hanyalah sebuah upaya untuk mengumpulkan bahan bakar, untuk memenangi peperangan.

Loose a battle to win the war

night _elf

Written by Reza Puradiredja

15/10/2008 at 18:38

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: