Live Journal

My Life as Reza Puradiredja

Cita – cita

leave a comment »

“…Adik mau jadi apa kalo sudah besar nanti ?”, ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan kepada anak – anak kecil, dan mereka akan dengan mudah menjawab walaupun mungkin profesi yang mereka pilih memerlukan tingkat pendidikan yang tinggi dan waktu yang lama, ataupun perjuangan yang tidak ringan.

Kita tidak akan membahas tentang bagaimana membantu anak – anak penerus masa depan ini untuk menggapai cita – citanya, namun lebih kepada introspeksi diri, terutama mengenai, mengapa seorang anak, yang notabene masih belum mengerti apa – apa itu mampu untuk paling tidak mempunyai cita – cita yang begitu tinggi ? dan mengapa setelah orang tua menanggapi dengan “…makanya, makan yang banyak dan sekolah yang rajin biar pinter…”, maka anak – anak itu cenderung untuk melakukan saran dari orang tua itu ?

Menurut saya, karena tidak ada kata TIDAK MUNGKIN dan MUSTAHIL bagi seorang anak, dan banyak dari kita selalu menyemangati anak ketika dia memulai langkah pertamanya, ataupun jika mendapatinya sedang berjuang untuk melakukan atau meraih sesuatu yang sulit bagi anak seusianya, seperti memanjat kursi / sofa, ataupun mencoba untuk meraih mainannya di bawah kolong tempat tidur, dengan segala cara yang dia tahu, ataupun mungkin berimprovisasi dan menemukan cara baru untuk melakukannya, bayangkan jika kita berada pada situasi sulit seperti itu, mungkin saja kita akan meminta bantuan orang lain yang ‘menurut kita’ bisa melakukannya daripada terlebih dahulu berusaha sebisa kita, ataupun minimal menyemangati diri sendiri.

“Taruhlah cita – citamu setinggi langit, dan gapailah “. Kata – kata orang bijak itu menurut saya lebih berarti, lebih baik menaruh harapan dan berusaha, daripada tidak mempunyai harapan, yang akan semakin membuat kita malas untuk berusaha.

Contohlah anak kecil tadi, ketika dia menghadapi kesulitan dia akan menerapkan segala yang dia ketahui, dan jika masih gagal, dia akan berimprovisasi dan menciptakan cara baru. Mengapa kita tidak berkaca kepada mereka ?Dalam menempuh perjalanan hidup, selalu akan ada rintangan dan halangan, namun jangan menyerah, karena jalan hidup tidaklah mengenal batas dan tidaklah hanya terdiri dari satu jalan saja, siapapun dapat menemukan jalan untuk melewati rintangan tadi, jika mau berusaha untuk mencarinya.

Fokuskan pada tujuan, bukan rintangan !……

Written by Reza Puradiredja

15/10/2008 at 18:58

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: