Live Journal

My Life as Reza Puradiredja

Why are YOU here ?

leave a comment »

Sebuah lagu dari Dream Theater bertajuk “The Spirit Carries on” adalah lagu yang hampir setiap hari saya dengarkan sebagai mood booster … no, bukan saja karena lagu itu sangat melodius dan dinyanyikan dengan sempurna oleh James LaBrie , tapi karean pesan yang menurut saya sangat dalam dan selalu mengundang saya untuk bertanya … ” Why are we here ? “

Mungkin sepotong lirik berikut akan membantu kamu semua untuk mengerti maksud saya …

Where did we come from?  Why are we here?  … Where do we go when we die? 
What lies beyond , And what lay before?  … Is anything certain in life?

Pertanyaan bodoh ? Mungkin … tapi buat saya , mengerti alasan penciptaan diri , mengetahui alasan saya diadakan di dunia ini adalah esensi yang membuat saya memutuskan untuk bangun di pagi hari dan bersyukur , bukannya mengutuk datangnya pagi yang begitu cepat dan kembali ke alam mimpi , jika memungkinkan …

Tuhan mendesain manusia sebagai makhluk yang paling sempurna

Tuhan menciptakan Manusia sebagai pemimpin di muka bumi ini

Tuhan meniupkan ruh-Nya , ke dalam setiap jiwa Manusia

dan Tuhan membenci segala bentuk ke sia-sia an

Itu alasan logis saya untuk tidak serta merta , secara mentah percaya kepada yang bertajuk ” nasib ” , “takdir ” dan ” jalan hidup telah ditentukan “. Saya percaya bahwa takdir adalah terbatas kepada “hidup” , “mati” dan “jodoh” … okey , saya juga tidak menampik bahwa Dia adalah perencana terbaik dan  terakhir dimana segala rencana-Nya akan selalu menjadi yang terbaik bagi kita.

Pilihan … mungkin kita tidak menyadari bahwa hampir setiap detik , setiap tarikan nafas dan setiap gerakan kita adalah pilihan kita sendiri. Hari ini kita mulai dengan malas, dengan semangat ataupun hanya sebagai robot tanpa emosi ? pilihan kita … makan siang di luar , di kantor atau tidak makan siang ? pilihan kita … Berkantor dengan  suasana yang tidak menyenangkan , ditambah beban kerja yang tidak manusiawi ? Pilihan kita juga … kamu bebas untuk berganti kerja , kapan pun ( kecuali jika terikat kontrak, yg mana itu juga pilihan kita sendiri )

Sorry to say , saya tidak akan pernah mengucapkan ” yah , nasib saya emang cuma begini ” atau ” saya emang ditakdirkan untuk terpuruk ” … itu buat saya , sama saja dengan menghujat Sang pemberi Hidup , Sang Desainer yang telah menciptakan karya yang ( nyaris ) sempurna …

Lebih sehat untuk menampar diri sendiri dengan mengatakan ” ok, saya tolol sekali udah milih dia sebagai partner … sekarang apa yg harus saya lakukan biar ketololan saya tadi nggak mempengaruhi karir saya ? ” … atau ” bos saya nggak maksa saya untuk kerja disini , kalopun iya, salah saya sendiri ,kok mau … sekarang saya harus gimana biar bisa kerja lebih nyaman , tanpa kehilangan pekerjaan ? “

Mengetahui ” Why are we here ” , akan sangat membantu kita untuk memilih dan menjalani pilihan kita tadi … apakah kita hadir sebagai pemuas orang lain ? sebagai orang tua yang mempersiapkan sebuah dunia yang mungkin tidak akan pernah dia lihat ? sebagai pelintas masa yang hanya menjalani hidup apa adanya semulus mungkin ? … itu pilihan kamu sendiri …

I may never find all the answers , I may never understand why 
I may never prove , What I know to be true  … But I know that I still have to try

Ya, mungkin saja jawaban yang selama ini saya dapatkan , bukan merupakan jawaban yang benar ? Bisa jadi … karena beberapa pertanyaan memang tidak untuk terjawab , dan sangat mungkin pertanyan bodoh tersebut diatas termasuk ke dalam kategori itu … dan terpaku dengan masa lalu yang masih meninggalkan pertanyaan sama saja dengan hidup di masa lalu … apakah bisa dirubah walaupun dipikirkan dan dipertanyakan setiap saat ? No Way !

Masa lalu , walaupun indah dan menyenangkan , hanya mampu memberi kamu sebingkai memori, dan jika kamu cukup bijak , segudang pengalaman dan pelajaran … yang lagi – lagi , hanya akan berguna, jika kamu mau melangkah dan berjalan ke depan … karena yang bisa kamu rubah itu adalah masa depan , sangat mungkin dan pasti bisa ! Again , pilihan kamu … mau hidup di masa lalu, atau menciptakan masa depan yang baru dan ( seharusnya ) lebih baik ?

So , Why are YOU here ?

Written by Reza Puradiredja

19/10/2012 at 11:36

Posted in Random

Leave a Reply

