Live Journal

My Life as Reza Puradiredja

Profesional

leave a comment »

Apa makna dari kata Professional ? apa kriteria seorang profesional ? apakah karena orang tersebut berhasil dalam profesinya ? apakah karena jumlah bayaran / penghargaan yang diterimanya ? apakah karena pendidikan yang dicapainya ?

Professional adalah sebuah sikap, saudaraku. Profesional adalah sebuah sikap dimana integritas dan dedikasi adalah harga mati. Seorang profesional tidak akan mengorbankan kedua hal itu dengan alasan apapun, bukan karena takut akan pandangan orang lain, namun lebih karena mengorbankan kedua hal itu sama dengan melawan diri sendiri.

Integritas adalah ketepatan antara omongan, dengan perbuatan. Seorang yang punya integritas tinggi, akan berusaha untuk menepati setiap ucapannya, apapun itu dan terhadap siapapun, walaupun mungkin bagi orang lain hal itu adalah hal yang kecil dan sepele.

Dedikasi lebih merupakan seberapa jauh orang itu bersedia melakukan apapun yang dibutuhkan ( whatever it takes ), baik itu dalam ha l pekerjaan, maupun dalam hal kehidupan sehari – hari.Dedikasi seseorang dapat dinilai dari kesungguhan dan perhatiannya kepada hal yang sedang dilakukannya, ataupun akan dilakukannya di masa depan. Seorang profesional akan selalu fokus dan berkonsentrasi penuh dalam melakukan segala hal.

Gabungkan kedua hal tersebut, dan mungkin anda akan berpikir bahwa yang demikian itu cocok dengan seseorang yang workaholic atau kecanduan kerja. Mungkin, namun sekali lagi Integritas dan Dedikasi seseorang dapat dinilai dari kesehariannya pula.

Seseorang dengan Integritas rendah, akan dengan mudah menganulir ataupun tidak menepati ucapannya, misalnya jika seseorang berkat a “…orang tua juga manusia, mereka juga bisa berbuat salah” dalam suatu kesempatan, dan berkata “…orang tua selalu benar, jangan pernah melawan orang tua…” dalam kesempatan lain.

Seseorang dengan Dedikasi rendah, akan terlihat dalam antusiasmenya, terutama dalam hal yang baginya kurang / tidak menarik, walaupun hal itu merupakan sebuah keharusan / kewajiban, dan bukan tidak mungkin hal itu dapat ‘menular’ kepada orang lain, karena saudaraku, ‘bad things spread faster ‘ !

Marilah kita mulai ‘memprofesionalkan’ diri kita, karena seorang ‘profesional’ yang tidak profesional, tidak akan mampu untuk bertahan lama di atas tahta ‘keprofesionalannya’, karena segala sesuatu akan selalu berubah, kecuali perubahan itu sendiri…

Written by Reza Puradiredja

16/09/2008 at 19:52

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: