Live Journal

My Life as Reza Puradiredja

Penjual Singkong atau Pengrajin Ethanol ?

with 8 comments

Pemanfaatan singkong, aren, bahkan beras sebagai bahan baku ethanol bukanlah sebuah teknologi baru apalagi teknologi yang tidak terjangkau bagi bangsa kita. Teknik pengolahan yang sangat sederhana ini bahkan sudah dikenal sejak zaman nenek moyang kita

Terbukti dengan adanya berbagai I makanan dan minuman khas seperti Air Tape, Tuak, Arak dan berbagai macam olahan yang pada akhirnya menghasilkan kadar ethanol ( alkohol ) pada minuman tersebut sebagai hasil dari proses fermentasi dan atau destilasi

Native technology mungkin pantas disebut sebagai aset terbesar bangsa kita dalam teknik produksi ethanol. Kemampuan dalam konversi bahan makanan menjadi minuman berkadar alkohol tinggi tersebut tinggal disempurnakan dengan proses pembuangan kadar air hingga didapat kadar ethanol murni (antara 99 % – 100 %).

Kemampuan untuk menguasai dan memanfaatkan teknologi jelas lebih dari sekedar memiliki akses kepada sumber daya alam. Jepang, China, Korea Selatan dan Malaysia telah membuktikan hal itu dimana keterbatasan sumber daya alam tidaklah menjadi penghalang bagi mereka untuk menguasai teknologi pemanfaatan SDA tersebut dan pada akhirnya menjadi penguasa pasar

Sebagai contoh, bangsa indonesia adalah salah satu pemilik hutan tropis DAN lahan Kelapa sawit terbesar di dunia, tetapi Malaysia yang akhirnya tampil sebagai eksportir Kayu DAN CPO terbesar di Asia Tenggara.

Apakah kita rela untuk hanya sekedar menjadi penjual singkong daripada menjadi pengusaha Bahan Bakar Nabati ?

Written by Reza Puradiredja

15/09/2008 at 21:56

8 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Saya mau mengetahui cara pengelolaan ethanol dari ubi kayu gimana caranya dan berapa harga mesinnya terima kasih atas bantuannya

    Syarifuddin Tayang

    03/11/2008 at 03:31

  2. mohon harga penawaran harga singkong basah, gaplek dan tetes tebu jika punya paket gudang semarang, kami butuh tetes tebu 40 ton/ hari, gaplek 200 ton, singkong 70 ton/hari.

    Terima kasih

    Turjaun

    Turjaun

    05/11/2008 at 06:55

    • saya punya stok singkong yang banyak, kapasitas 20 ton/hari
      kalau berminat bisa mengirim penawaran ke email ini: buja_ngawi@yahoo.com

      Dagung

      19/07/2009 at 15:14

    • Bapak bisa kontak saya di 081313432101 kalau butuh tetes tebu . Tks Deni Cirebon

      Deni

      14/01/2014 at 06:34

  3. Terima Kasih atas perhatian dan tanggapannya

    UP: Syarifudin Tayang : cara pengolahan secara detail akan saya upload dalam waktu dekat.

    mengenai mesin dan harganya akan saya informasikan selengkapnya dalam posting berikutnya

    Up : Turjaun : jika anda serius mohon dikirimkan surat permintaan resmi ( inquiry ), sementara mohon dikirimkan
    ke night.elves.77@gmail.com karena server kami sedang dalam maintenance

    night elf

    07/11/2008 at 15:37

  4. Saya membutuhkan singkong, singkong karet pun saya terima…mohon kirim penawaran segera….terima kasih

    Budi

    20/01/2009 at 06:36

  5. Maaf pak kebetulan saya salah seorang dari suplier singkong di Kota Cimahi
    saya sangat tertarik dengan model pemanfaatan sinkong menjadi bahan ethanol, saya harap bapak/ibu dapat membantu saya dengan sedikit memberikan gambaran bagaimana proses awal dan akhir dari pembuatan bahan ethanol tersebut, informasi dari bapak/ibu sangat saya tunggu terima kasih.Rusli (085295314859)

    Rusli Muharamsyah

    02/04/2009 at 03:56

  6. Pak Saya Andri mau menjual singkong saya ada 5000 pohon 1 pohon udah 3 Kg yangberminat hubungi 081319476609 atau 085722515972…saya tunggu harga negosiobel

    Andri_kr

    20/06/2009 at 15:47


Leave a Reply

